Disdukcapil Lampura Lakukan Program Jebol, Ini Sasarannya!

0
171

Lintasmerahputih.com (Lampung Utara) – Upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan, Disdukcapil Lampung Utara melakukan program pelayanan jemput bola (JeBol). Sistem jemput bola dengan tujuan untuk mendekatkan serta mempercepat pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil dengan cara mendatangi masyarakat, dan melaksanakan pelayanan di tempat. Rabu (25/08/21).

Dengan adanya pelayanan ini diharapkan dapat membantu masyarakat yang berkebutuhan khusus yaitu Lansia, Disabilitas, dan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) atau mereka yang berdomisili jauh, serta tidak memiliki kemampuan untuk mendatangi Disdukcapil Lampura dalam mendapatkan dokumen.

Berkesempatan melihat langsung kegiatan tersebut yang berlangsung di Jalan Merpati, Gang Dara Dua, Kelurahan Tanjung Aman, Kecamatan Kotabumi Selatan.

Sungkono (56) yang masuk dalam katagori Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) sudah 25 tahun tidak memiliki e-KTP. Bertempat di Rumah Sungkono perekaman dilakukan secara langsung, berupa perekaman Sidik Jari, Pindai Mata serta pengambilan Poto.

Kepala Disdukcapil Khairul Anwar, SE.MM. yang turun langsung pada kegiatan tersebut didampingi Ahmad Taslim S.Kom.,M.M. selaku Lurah Kelurahan Tanjung Aman dan Rosnani S.Kom.,M.M. Kasi Kerjasama Disdukcapil Lampura mengatakan, “Pada prinsipnya jemput bola (JeBol) ada peran aktif pemerintah dalam hal ini Pemkab Lampura melalui Disdukcapi Lampung Utara melakukan pelayanan tertib administrasi kependudukan,” ujarnya.

“Tujuannya agar kemudahan dalam mendapatkan dokumen kependudukan terutama bagi masyarakat lanjut usia, disabilitas dan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) bisa terakomodir hak-hak adminduk guna kebijakan publik lainnya,” jelas Khairul.

Dilanjutkannya, “Seperti yang dilakukan pada hari ini oleh tim jemput bola dengan cara berkeliling ke lokasi-lokasi seperti kecamatan, kelurahan dan desa,” ucapnya.

Pelayanan ini menjadi produk unggulan dan merupakan program reguler yang dilaksanakan secara berkala, dan mendapat dukungan penuh dari Pemkab Lampura terutama Bupati Budi Utomo S.E.,M.M. selaku Bupati setempat.

(Red)

LEAVE A REPLY