Asal Usul Kota Bumi, Ini Kata Akuan Abung Tokoh Masyarakat

0
277

Lintasmerahputih.com (Lampung Utara)
Berdasarkan keterangan Dari tokoh adat Lampung Utara, khususnya Kotabumi tigo Gandung (Kotabumi Udik, Kotabumi Ilir, dan Kotabumi Tengah) diantaranya A.Akuan Abung, SE, gelar Nadikiyang Pun Minak Yang Abung dan Iwan Setiawan gelar Suttan Rajo Pucak Mergo terkait asal usul nama Kotabumi atau Kutobumi yaitu : Kuto adalah Pagar, Kebumian Adalah Pepadun.
Pagar Kebumian, kebumian adalah Bumi atau Pepadun, memagar kebumian (Pagar Pepadun) jadi Kuto adalah Pagar bukan Kota
.
A. Akuan Abung, SE., gelar Nadikyang Pun Minak Yang Abung selaku Ketua Badan Perwatin Lappung Pepadun Kutobumi Tigo Gandung, saat diwawancarai oleh media ini di kediamannya atau Keratun RatuDiputtjak/Keraton Ratu Dipuncak mengatakan, “Bahwa Kutobumei atau Kotabumi berasal dari keturunan Kedatuan RATOEDIPOETTJAK bukan keturunan Ratu Darah Putih, Pepadun tidak mengenal Raja Tunggal melainkan Penyimbang-Penyimbang, Penyimbang Itu lah TUTUKEN (Ikutan) /Raja. Kata nya.
.
“Tidak ada sejarah dan legenda, cerita rakyat yang mengatakan adanya Raja Tutur Jimat, peniakan Dalom, itu benar-benar mengada-ada dan ngarang-ngarang cerita yang tidak sesuai dengan yang sebenar nya, hal ini dikemukakan oleh A. Akuan Abung SE. menanggapi pemberitaan di poskota.com mengemukakan terkait sejarah Kotabumi yang tidak sesuai dengan sejarah yang sebenarnya,” Tegas nya
(Cerita menyesat kan)

“A. Akuan Abung, SE., gelar Nadikyang Pun Minak Yang Abung. selaku Ketua Badan Perwatin Lappung Pepadun Kutobumi Tigo Gandung.
menjelaskan asal usul nama Kotabumi atau Kutobumi yaitu : Kuto adalah Pagar, Kebumian adalah Pepadun. Pagar Kebumian, kebumian adalah Bumi atau Pepadun, memagar kebumian (Pagar Pepadun) jadi Kuto adalah Pagar bukan Kota,” Jelasnya.
.
“Dan bukan juga nama seseorang atau nama Raja atau nama Leluhur, karena Leluhur kami tidak punya nama itu, kami Keturunan dari RATUDIPUTTJAK.
bukan keturunan Kedatuan Lain, dan setiap yang sudah Munggah Bumi itu sudah Penyimbang, Raja Kecil di kebumian nya.
Tapi itu akan mengkerucut dari mana dia nyetih.

Sekarang di Kotabumi ada 12 Suku Asal.
dan semua sejajar duduk sama rendah berdiri sama tinggi, dan berasal dari Keturunan RatuDiPutcak, yaitu Keturunan Puyang Minak Trio Diso, nurun kan Puyang Minak Penatih Tuho( Minak Rajo Dunio) yang mempunyai dua orang Anak yaitu MINAK SEMELASEM dan GUTTEI SELANGUW.

Suku Bumi Agung Turunan dari Puyang MINAK SEMELASEM dan Suku Bilik Ghabo, Bilik Libo, Wai Abung ghabo, wai abung libo, Sukkung kahhuw / Ngediko Huw ghabo, Libo Keturunan dari Puyang GUTTEI SELANGUW.
Itu lah isi dari KUTOBUMEI, (Kotabumi),” Papar nya.
.
* Adapun Silsilah ASAL USUL ORANG KUTOBUMI/ KOTABUMI.*
1. Tali Tunggal. (Masih di tepi Bawang Toba.)
2. Roh Tunggal.>
3. Sang Bimo Tunggal.>
4. Serappuw biso.> Puyang 2.3.4. (Masih di tepi Sungai Batang, antara bukit tinggi dan pagaruyung)
5. Biso Begajah.>
6. Putro Guruw.>
7. Sang Balai Kuwang. >
(Masih di tepi Gunung Kerinci)
8. Appuw SeTubuw.>
9. Appuw Canggih.>
10. Appuw Serutting.> (msh. di Rejang Beghak./ antara Lebong Tandai dgn Lematang, Bengkulu.)
*Ini sudah di Bukit Pesagi.*
(disini Ada nya KeDatuan RatuDiPutcak)
11. *SANG BEGEDUH*/
Mnk. Riyo Begeduh/ Mnk. Riyo Mangkubumi *(RATUDIPUTCAK 1)*
*ini sdh di Canguk ghatcak*
12.Minak. Peduko Begeduh. *(RATUDIPUTCAK 2.)*
13. Unyai/ Nunyai.*(Mnk. TerioDiso)*
Unyi.
Betan/Subing.
Uban/Nuban.l
14. Minak Rajo Dunio.
*( Minak Penatih Tuho)*
Keriyo DemungLattjo.
Kebahyang.
15. 1.*Minak Semelasem*
dan Adik nya.
2. *Guttey Selanguw.

Puyang berdua ini lah yg menurun kan JIMO KUTOBUMEI / Orang Kotabumi.
Jadi Orang Kotabumi itu Anak dari Puyang MINAK SEMELASEM, dan GUTTEY SELANGUW.
Anak Puyang MINAK SEMELASEM itu Suku BUMI AGUNG.

Anak Puyang Guttey Selanguw itu suku BILIK LIBO, Bilik ghabo, suku Wai Abung ghabo, libo, suku Ngediko Huw ( Sukkung Kahhuw.) ghabo, libo,
Suku LEMDALEM, suku LUPAT DIBUJUNG.” Pungkas A. Akuan Abung, SE., gelar Nadikyang Pun Minak Yang Abung selaku Ketua Badan Perwatin Lappung Pepadun Kutobumi Tig.

(Hasanudin)

LEAVE A REPLY