DR (Cn) Hj. Rizayati : Penting Kita Perkuat Nilai-nilai Multikultural

0
112

Lintasmerahputih.com (Jakarta) – Indonesia merupakan sebuah kesatuan dari beragam suku bangsa yang memiliki perbedaan dalam Bahasa, etnik, kepercayaan maupun idiologi. Perbedaan tersebut dapat memicu terjadinya konflik, jika tidak memiliki kesadaran pentingnya menjaga dan merawat keberagaman.

Sebaliknya, adanya perbedaan dapat mempererat persatuan dengan sikap saling tolerir antar warga bangsa Indonesia.

Hal itu disampaikan Ketua Umum Partai Indonesia Terang (Pinter) Dr (Cn) Hj. Rizayati kepada strategi network di Jakarta, Jumat (21/1/2022).

“Bangsa Indonesia merupakan bangsa yang majemuk dan plural yang terdiri dari berbagai macam perbedaan baik secara vertikal maupun horizontal. Secara perspektif horizontal, kemajemukan bangsa kita dapat dilihat dari perbedaan agama, etnis, bahasa daerah juga ada dan budayanya. Ini harus kita rawat, jangan sampai saling menciderai hanya karena perbedaan, seperti yang tengah viral di media sosial dalam beberapa hari terakhir ini,” kata Hj. Rizayati.

Hj. Rizayati mengingatkan, penting bagi masyarakat Indonesia untuk memiliki nilai-nilai yang mengikat agar kesatuan bangsa tetap terjaga.

Dan nilai-nilai yang mengikat tersebut, kata penggagas program Indonesia Terang ini, tercermin dalam empat pilar kebangsaan sebagai dasar bernegara. Empat pilar tersebut antara lain, Pancasila sebagai dasar dan Ideologi Negara, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia (UUD NRI) Tahun 1945 sebagai konstitusi Negara serta ketetapan MPR dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sebagai bentuk Negara, dan pilar keempat yakni Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan negara.

Hj. Rizayati mengungkapkan, untuk meminimalisir terjadinya konflik antar masyarakat yang dilatar belakangi oleh perbedaan ini, perlunya menanamkan nilai-nilai kebersamaan, toleransi, serta mampu menyesuaikan diri dengan berbagai perbedaan.

“Mari kita merawat keberagaman, Kita dapat memetik sebuah filosofi permainan musik orchestra, dimana banyak terdapat beragam jenis alat musik. Namun, apabila kita mampu memainkan dan memadu padankan alat-alat music tersebut dengan seirama dan harmonis, maka akan menghasilkan harmoni music yang begitu indah,” pungkasnya.

(Red)

LEAVE A REPLY