Kepala SMP Negeri 1 Penawartama Pungli Hinga Ratusan Juta, Terancam di Laporkan

0
533

Lintasmerahputih.com (Tulang Bawang) – Kepala Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Penawartama Kabupaten Tulang Bawang disinyalir lakukan pungli terhadap siswa hingga ratusan juta rupiah, Sabtu (26/03).

Betapa tidak, di tengah ketatnya peraturan pemerintah guna membasmi pungutan liar di satuan pendidikan, justru oknum ini seolah tidak perduli dengan semua itu.

AS oknum Kepsek SMP Negeri 1 Penawartama diduga nekat menjual buku Lembar Kerja Siswa (LKS) terhadap siswa didiknya dengan tarif Rp.192 ribu persiswa dari 7 mata pelajaran.

Hal itu di ketahui, setelah adanya keluhan dari salah satu wali murid yang tidak mau di siarkan namanya, mengeluhkan tentang pembelian buku terhadap pihak sekolah setempat dengan tarif yang cukup mahal.

“sudah pasti kami selaku wali murid merasa terbebani pak, apalagi di masa-masa seperti ini, yang lebih memperihatinkan lagi pembelian ini hampir setiap tahun ada, bahkan lebih mirisnya buku yang di beli itu tidak terpakai atau di gunakan,” jelas salah satu wali murid baru-baru ini.

Dikatakannya, adapun jenis buku yang di beli terhadap pihak sekolah setempat, yaitu buku berjenis lembar kerja siswa dengan mata pelajaran diantaranya, IPA, IPS, matematika, dan lain-lain.

“pembayaran itupun langsung kami serahkan melalui Bu Ngadinem salah satu guru di sekolah ini,” imbuhnya.

Hal yang sama juga di ungkapkan salah satu siswa kelas 7 berinisial TG menjelaskan, jika dirinya harus membayar uang sejumlah Rp.192 ribu karena pembelian buku LKS sebanyak 7 mata pelajaran.

“Saya juga sama, beli buku LKS dan sudah bayar dengan guru di sekolah,” ungkapnya.

Dari data yang di himpun, jumlah siswa di SMP N 1 Penawartama ini tergolong lebih banyak jika di banding dengan sekolah lainnya, yang mana menurut hasil kroscek di lapangan, siswa kelas 7 berjumlah 7 lokal, kelas 8 berjumlah 6 lokal, kelas 9 berjumlah 6 lokal dengan jumlah siswa rata-rata perlokal 30 siswa.
Dari itu, kuat dugaan oknum kepala sekolah telah melakukan pungutan liar dengan dalih penjual buku LKS terhadap siswa hingga ratusan juta rupiah.

Hingga saat ini AS Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Penawartama belum bisa di ointai keterangan lantaran beberapa kali di sambangi yang bersangkutan tidak berada di tempat, bahkan saat di hubungi melalui WhatsApp tidak memberi respon meski dalam keadaan aktif.

Bersambung….

Catatan : media siber ini menyediakan ruang hak jawab dan hak koreksi sesuai dengan UU Pers No 40 Tahun 1999 sebagai landasan hukum. Akan dilakukan koreksi dan revisi bila sudah ada konfirmasi lebih lengkap dari pihak – pihak terkait.

(Reza)

LEAVE A REPLY