Akibat Solar Langka, Petani Mesuji Mengeluh Belum Bisa Olah Lahan Pertanian

0
401

Lintasmerahputih.com, (Mesuji Lampun) – Pada saat ini para petani di Kabupaten Mesuji mengeluh akibat solar langka. Pasalnya akibat solar langka para petani belum bisa mengolah lahan pertanian dengan Bajak ataupun Traktor.

Menurut Kes (29) salah satu petani di Kabupaten Mesuji menuturkan dirinya belum bisa mengolah lahan pertanian miliknya. Menurutnya Sopir Traktor ataupun Sopir Bajak di Kabupaten Mesuji belum bersedia membajak di lahan pertanian miliknya, karena solar langka dan susah dicari. (31/4/2022).

“Saya belum dapat bajak Mas, padahal sudah waktunya saya harus nanam singkong. Tetapi Sopir Bajak pada tidak bisa Bajak. Katanya tidak ada solar, semogalah ketersediaan solar di Pom Bensin kembali ada. Sebab Traktor ataupun Bajak bahan bakarnya kan solar, ” ucap Kes.

Selain Kes, awak media juga bertemu Susilo (37) salah satu Sopir Traktor yang tinggal di Desa Margo Jadi, Kecamatan Mesuji Timur Kabupaten Mesuji. Susilo mengatakan memang saat ini sulit membeli solar di Kabupaten Mesuji. Menurutnya saat ini belum bisa beli solar pakai jerigen. Hal tersebut membuat Sopir Traktor di Kabupaten Mesuji kesulitan.

“Sekarang belum boleh beli solar pakai jerigen Mas di Pom Bensin, jadi Kami Sopir Bajak belum bisa kerja ini Mas. Kalau Traktor kan tidak bisa setiap ngisi solar harus bawa traktor ke Pom Bensin. Tentu kami butuh waktu banyak menuju ke Pom Bensin. Apalagi kalau posisi Kami lagi di Ladang,”ucap Susilo.

Susilo mewakili Sopir Traktor di Kabupaten Mesuji berharap solar kembali mudah untuk didapatkan, dan tidak sulit membelinya. Sebab sopir Traktor tidak bisa bekerja apabila tidak ada solar. Menurutnya kelangkaan solar ini tidak boleh terlalu lama. Sebab mereka harus cari uang untuk memenuhi kebutuhan sehari – hari. Adapun mereka bekerja harus menggunakan Traktor. Jadi para Sopir Traktor dan Petani berharap masalah kelangkaan solar tersebut dapat segera teratasi.

(Akip/Red)

LEAVE A REPLY