“Smart City,” Wako Fadly Amran Luncurkan 25 TTE

0
141

Lintasmerahputih.com, Padangpanjang — Guna menjamin keaslian, keutuhan dan privasi data, yang bertujuan untuk menghasilkan efesiensi proses bisnis administrasi pemerintahan serta mendongkrak nilai SPBE (Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik) dimasa yang akan datang. Pemerintah Kota melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Padang panjang menerbitkan Tanda Tangan Elektronik (TTE) bagi Pejabat Struktural dan Fungsional, Jumat (3/3/23).

Wali Kota, H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano luncurkan
25 TTE didampingi bersama Sekdako, Sonny Budaya Putra, A.P, M.Si dan Kepala Bidang Siber dan Sandi Diskominfotik Propinsi Sumatera Barat, Eko Paisal, S.Kom, M.M, dan seluruh kepala organisasi perangkat daerah (OPD) di Aula Lantai III Balai Kota.

Dalam sambutannya, dengan sudah diterbitkannya TTE ini, Wako Fadly Amran meminta agar seluruh administrasi di pemerintahan Padang Panjang sudah harus menggunakan TTE.

“Padang Panjang sebagai Smart City tentunya juga dimplementasikan bagaimana internal kita bekerja dan pengembangan sistem pemerintahan. Salah satunya dengan penggunaan TTE,” katanya.

Lebih lanjut, Fadly juga berharap dengan tujuan mendigitalisasi pemerintahan, baik itu pengunaan TTE dan penyampaian laporan yang bisa diterapkan via email bisa langsung dieksekusi per hari ini.

Sementara itu, Eko Paisal menyampaikan apresiasi kepada Pemko Padang Panjang yang sudah bisa menerbitkan TTRE bagi seluruh kepala OPD. Ini bisa menjamin keamanan informasi dan data di pemerintahan.

Kepala Dinas Kominfo, Drs. Ampera Salim, S.H, M.Si menjelaskan pada saat ini sudah terekam 25 TTE yang terdiri atas walikota dan pimpinan perangkat daerah sehingga sudah siap digunakan untuk keperluan berbagai naskah dinas.

“Dalam watu dekat, akan dilakukan pembuatan sertifikat elektronik atau TTE bagi 395 ASN pejabat secara mandiri. Yang mana bisa melihat tutorial pembuatan akun TTE yang akan tayang di YouTube Padang Panjang TV,” tuturnya.

TTE ini hadir di e-Office Padang Panjang dan juga bisa dimanfaatkan melalui aplikasi Panter dan Bsign yang resmi dikeluarkan BSRE. Sehingga naskah dinas lain yang memiliki format khusus dan spesifik, tetap bisa menggunakan TTE yang sudah tersertifikasi.

Usai launching TTE, dilanjutkan dengan bimbingan teknik (bimtek) penggunaan TTE dengan menghadirkan narasumber Pranata Komputer Diskominfotik Sumbar, Andry Kurniawan, S.Kom. (RMA)

LEAVE A REPLY