Musrenbang RKPD Tahun 2024 , Wakil Bupati Labuhanbatu Sampaikan Lima program Unggulan

0
90

Lintasmerahputih.com (Labuhanbatu Sumatera Utara) – Musrenbang (Musyawarah Perencanaan Pembangunan) RKPD tahun 2024 resmi dimulai dengan ditandainya pemukulan gong oleh sekretaris DPRD Propinsi Sumatera Utara Zulkifli didampingi wakil Bupati Labuhanbatu Hj.Ellya Rosa Siregar,S.Pd.MM, di Ruang Data dan Karya Kantor Bupati Labuhanbatu Kelurahan Ujung Bandar Kecamatan Rantau Selatan Rabu 15/3/2023.

Dalam pidatonya, Wakil Bupati Labuhanbatu menyebutkan musyawarah perencanaan pembangunan merupakan forum antar pemangku kepentingan dalam rangka menyusun rencana pembangunan daerah yang bertujuan untuk membahas rancangan rkpd Kabupaten Labuhanbatu tahun 2024, sehingga dapat disepakati permasalahan Pembangunan Daerah, prioritas pembangunan daerah, program, kegiatan, pagu indikatif, indikator dan target kinerja serta lokasi, penyelarasan program dan kegiatan pembangunan daerah dengan sasaran dan prioritas pembangunan provinsi dan klarifikasi program dan kegiatan yang merupakan kewenangan daerah kabupaten dengan program dan kegiatan desa yang diusulkan berdasarkan hasil musrembang Kecamatan.

Berdasarkan arah dan kebijakan pembangunan Kabupaten labuhan batu tahun 2024 yang termuat dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah Kabupaten Labuhanbatu tahun 2021-2026, maka tema rkpd tahun 2024 adalah ” percepatan menuju Kabupaten cerdas yang inovatif, produktif dan kolaboratif serta berkelanjutan”.

Kabupaten cerdas adalah kolaborasi antara komunitas masyarakat, pemerintah, pelaku bisnis dan lembaga pendidikan untuk menciptakan inovasi menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan kualitas hidup.

Adapun fokus pembangunan Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu berdasarkan tema tersebut menurut Wakil Bupati diantaranya 1: peningkatan SDM melalui sektor pendidikan, kesehatan, kepemudaan dan olahraga serta peningkatan keterampilan dan kompetensi individu dan kelompok. 2:, peningkatan kualitas pelayanan publik dan tata kelola pemerintahan berbasis teknologi informasi dan komunikasi. 3:, pemulihan ekonomi yang mengarah kepada ekonomi cerdas untuk menciptakan ekonomi yang efektif dan efisien dan lingkungan bisnis yang lebih kompetitif mendukung terciptanya iklim investasi yang berdaya saing. 4:, meningkatkan kualitas infrastruktur yang berwawasan lingkungan untuk terciptanya pemukiman yang berkualitas dan pemerataan pembangunan dan terakhir 5: optimalisasi pengembangan potensi sumber daya alam khususnya di wilayah pesisir secara terintegrasi melalui pengembangan kawasan.

Di akhir pidatonya wakil bupati mengajak seluruh peserta musrenbang yang hadir agar bersungguh-sungguh dalam mengikuti musyawarah rencana pembangunan tahun 2024 sehingga memberi manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat dan pembangunan di Kabupaten labuhanbatu. Pungkas Wabub.

Sementara Sekretaris DPRD Propinsi Sumatera Utara Zulkifli mewakili Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi menyampaikan apresiasi dan rasa syukur bahwa sebagai pemangku kepentingan di labuhan batu masih diberikan kesempatan untuk berdiskusi dan bersepakat menyusun dokumen perencanaan pembangunan dengan setulus hati.

Musrenbang merupakan hal yang krusial di tahun-tahun terakhir seorang Bupati menjabat, apalagi ditahun yang sama juga akan melaksanakan pemilihan umum yang merupakan kepentingan kepala daerah secara serentak di seluruh wilayah Indonesia.

Dikatakannya, dalam penyusunan RKPD perlu diperhatikan beberapa hal diantaranya seluruh pemangku kepentingan harus memperhatikan target-target yang sudah ada dalam RPJMD, memperhatikan hasil evaluasi RKPD tahun lalu dan mempertimbangkan program strategis tingkat nasional dan provinsi. Menutup pidatonya Zulkifli mengajak seluruh komponen bangsa untuk Seiya sekata dan bersinergi untuk memajukan Kabupaten Labuhanbatu.

Dalam tempat yang sama, Saputra Abdullah,ST.MM, panitia pelaksana kegiatan menyampaikan, Musrenbang (Musyawarah Perencanaan Pembangunan) RKPD adalah forum musyawarah antar pemangku kepentingan untuk membahas dan menyepakati langkah-langkah penanganan program kegiatan prioritas yang tercantum dalam daftar usulan rencana kegiatan pembangunan desa/kelurahan yang diintegrasikan dengan prioritas pembangunan daerah Kabupaten/Kota di wilayah Kecamatan.

Yang memiliki tujuan membahas dan menyepakati usulan rencana kegiatan pembangunan dari para pemangku kepentingan yang menjadi kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan yang bersangkutan. Selain itu ucap Saputra, Musrenbang menjadi wadah membahas dan menyepakati kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan yang belum tercakup dalam prioritas kegiatan pembangunan desa. Dan menyepakati pengelompokan kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan berdasarkan tugas dan fungsi OPD yang diklasifikasikan berdasarkan urusan.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Labuhanbatu H.Muhammad Arsyad Rangkuti mengatakan, ” sebagaimana kita ketahui musrembang merupakan unsur penting dari penyelenggaraan pemerintahan yang harus betul-betul mendapat perhatian, karena keberhasilan suatu daerah tergantung pada baik tidaknya perencanaan yang dibuat, akan ada pendapat yang mengatakan bahwa perencanaan merupakan setengahnya dari keberhasilan dari suatu tujuan. maka dalam rangka melaksanakan roda pemerintahan dan pembangunan kita harus membuat perencanaan yang matang sehingga sasaran yang diharapkan dapat tercapai dengan baik.

Menurutnya, Musrenbang adalah kepentingan untuk membahas dan menyepakati langkah-langkah penanganan program kegiatan prioritas yang tercantum dalam daftar usulan rencana kegiatan pembangunan, baik desa/kelurahan yang diintegrasikan dengan kualitas pembangunan Kabupaten Kota sebagaimana diamanatkan dalam undang-undang nomor 25 tahun 2024 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional yang menyatakan pemerintah daerah wajib menyusun rencana kerja pemerintah daerah atau RKPD yang berfungsi sebagai perencanaan daerah untuk periode 1 tahun.ujar Arsyad.

Hadir mengikuti musrenbang tahun 2024 kali ini, Ketua DPRD Kabupaten Labuhanbatu Hj.Meika Riyanti Siregar SH, para pimpinan Forkopimda Labuhanbatu, Perwakilan Bupati Labura dan Labusel, para ketua komisi 1 sampai 4 DPRD Kabupaten Labuhanbatu, Sekretaris Daerah Labuhanbatu, para staf ahli Bupati, Asisten, Kepala OPD, deputi bidang pendanaan pembangunan badan perencanaan pembangunan nasional Republik Indonesia, Direktur jenderal peternakan dan kesehatan hewan direktorat jenderal peternakan dan kesehatan hewan Republik Indonesia, kepala Badan perencanaan pembangunan penelitian dan pengembangan Provinsi Sumatera Utara, kepala Balai penerapan standar instrumen pertanian Sumatera Utara, kepala UPTD pekerjaan umum dan penataan ruang Kabupaten Labuhanbatu, para camat, Lurah dan kepala desa se Kabupaten Labuhanbatu, para pimpinan Universitas, perbankan, Thomas, pimpinan organisasi, Insan pers dan peserta musrenbang RKPD.

(Ms Harahap)

LEAVE A REPLY