Bupati Labuhanbatu Mengukuhkan Kampung Siaga Bencana Kecamatan Bilah hulu

0
99

Lintasmerahputih.com (Labuhanbatu Sumatera Utara) – Bupati Labuhanbatu dr.H.Erik Adtrada Ritonga,M.K.M, mengukuhkan Kampung Siaga Bencana (KSB), se-Kecamatan Bilahulu di pelataran Kecamatan Bilahulu Aek Nabara, Jum’at (24/2/2023).

Sebanyak 60 orang terdiri dari relawan, tokoh masyarakat, linmas, kader, karang taruna dan difabel, dikukuhkan secara langsung oleh Bupati Labuhanbatu yang ditandai dengan penyerahan secara simbolis Surat Keputusan (SK) pengukuhan kepada perwakilan peserta KSB.

Bupati Labuhanbatu dr.H.Erik Adtrada Ritonga,M.K.M dalam kegiatan pengukuhan KSB ini menyampaikan bahwa pengukuhan KSB ini merupakan langkah strategis untuk menanamkan kesadaran masyarakat akan risiko bencana. Dengan kesadaran ini diharapkan dapat meningkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan masyarakat dalam menghadapi potensi bencana yang ada di wilayahnya.

“Pada dasarnya keberadaan KSB ini adalah untuk membentuk masyarakat yang tangguh dalam menghadapi terjadinya bencana serta mampu mengantisipasi dan mekerugian melalui proses adaptasi,” jelas Bupati.

Bupati Erik menilai pembinaan dan pembentukan KSB mutlak diperlukan di wilayah Kabupaten Labuhanbatu, dikarenakan masyarakat penerima dampak langsung dari bencana dan sekaligus sebagai pelaku pertama yang merespon bencana di sekitarnya.

Sementara Kepala Dinas Sosial Labuhanbatu Syahrizal Hasibuan, SE dalam laporannya menyampaikan pembentukan KSB di Kecamatan Bilahulu telah dimulai sejak hari Rabu (22/2/2023), Persiapan pembentukan KSB ini dilakukan dengan berbagai materi pelatihan diantaranya pertolongan pertama pada kedaruratan, tim reaksi cepat, shelter, dapur umum, logistik dan keposkoan.

Seluruh materi pelatihan tersebut kemudian ditampilkan di hadapan Bupati Labuhanbatu dengan format kegiatan klasikal materi, praktek per-divisi, dan simulasi.pungkasnya.

 

Menutup kegiatan tersebut, Kemensos diwakili Haykal menyerahkan secara simbolis sejumlah bantuan logistik maupun peralatan shelter kepada perwakilan KSB Wings Food.

Turut hadir dalam acara tersebut, Asisten I Pemerintahan dan Kesra Drs.H.Sarimpunan, Danramil 13/ Bilahulu Letu Inf. Ade Manik, Ritonga,M.Pd, Kepala Dinas Kominfo Ahmad Fadly Rangkuti ST.M.Kom, Pimpinan dan unsur Forkopimcam Bilahulu, para kepala Desa se-Kecamatan Bilahulu, Tim Tagana Provinsi Sumatera Utara, Tim Tagana Kabupaten Labuhanbatu, OKP, Ormas, Tomas, Toga, Relawan bencana dan awak media.

(Ms Harahap)

LEAVE A REPLY